Malam Nisfu Syaban Jatuh Pada Tanggal 8 April 2020 Berikut Do’a dan Amalannya

Malam Nisfu Syaban Jatuh Pada Tanggal 8 April 2020 Berikut Do’a dan Amalannya


Malam Nisfu Syaban Jatuh Pada Tanggal 8 April 2020 Berikut Do’a dan Amalannya – masmaksum.com – Sebentar lagi datang bulan Romadhon yang biasanya selalu ada hari yang sangat baik untuk beribadah dan berdo’a yaitu Malam Nisfu Sya’ban. Dalam hal ini Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan bahwa Nisfu Sya'ban 1441 H bertepatan dengan Rabu (8/4) malam. Atau Nisfu Sya'ban 1441 H jatuh hari Rabu Wage, malam Kamis Kliwon, 8-9 April 2020.


Di malam Nisfu Syaban itu Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, kaum Muslim sebaiknya memperbanyak ibadah sunah, seperti puasa sunah siang harinya.
Bisa dikatakan, malam Nisfu Syaban merupakan puncak dari keutamaan bulan Syaban. Banyak umat Islam menyambut penuh suka cita dengan meningkatkan amalan ibadah sunah mereka.

Selain puasa, menghidupkan malam sya’ban juga sangat dianjurkan khususnya malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban). Maksud menghidupkan malam di sini ialah memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Sya’ban. Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Amalan utama yang pertama di malam Nisfu Syaban adalah memperbanyak doa. Anjuran ini didasarkan pada hadis riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

Yang artinya, " (Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu, kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)," (HR. Al-Baihaqi).

Amalan utama yang kedua di malam Nisfu Syaban adalah membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia.

Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun. Apalagi jika dibaca di malam Nisfu Syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan,

Yang artinya, " Sebaiknya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya." 

Amalan selanjutnya adalah kaum Muslim dianjurkan untuk memperbanyak istighfar di malam Nisfu Syaban. Seperti diketahui, bahwa tak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah.
 Demikianlah tulisan tentang Malam Nisfu Syaban Jatuh Pada Tanggal 8 April 2020 Berikut Do’a dan Amalannya. semoga bermanfaat.






Advertisement

Baca juga:

Untuk Order Produk Nasa Silahkan Klik Order Di Bawah ini: jual produk nasa