5 Tips Memilih Hewan Qurban Yang Baik

5 Tips Memilih Hewan Qurban Yang Baik

5 Tips Memilih Hewan Qurban Yang Baik – masmaksum.com, kalau kita berbicara dengan hari raya idul Adha pasti tidak terlepas dari Hewan Qurban, mungkin terlalu dini kalau masmaksum membahas hewan qurban saat ini, karena hari raya idul adha masih sebulan lebih tepatnya pada tanggal 18 agustus 2019.
5 Tips Memilih Hewan Qurban Yang Baik

Sebagian orang malah lagi asyiknya membahas hewan qurban karena jika mereka beli hewan qurban sekarang pastinya harga hewan belum begitu mahal dan bisa dikatakan masih stabil dari pada kita beli hewan qurban mendekati hari raya idul adha.

Ciri-Ciri Hewan Qurban Yang Baik

 
Didalam memilih hewan qurban kita tidak boleh sembarangan, kita harus tau betul tips-tips memilih hewan qurban yang baik. Pada postingan kali ini akan berbagi bagaimana cara kita memilih hewan qurban yang baik, silahkan simak ulasannya:
 
1. Usia Hewan

Didalam kita memilih hewan qurban hal yang harus diperhatikan adalah usia hewan, karena jika kita berqurban kita tidak boleh asal hewan walaupun itu gemuk dan bagus tapi jika belum sampai usianya maka hewan tersebut tidak boleh untuk berqurban. Dalam Islam usia untuk hewan qurban adalah 12-18 bulan untuk kambing sedangkan untuk sapi dan kerbau harus berusia 22 bulan, untuk mengetahui umur hewan qurban tersebut kalian bisa tanya pada peternaknya atau kalian bisa lihat pada giginya, jika kedua gigi susunya sudah copot berarti hewan tersebut sudah tua atau oarang pada menyebutnya Hewan Powel.

2. Tidak Boleh cacat

Kadang kita kalau tidak hati-hati dalam memilih hewan qurban dipasar akan ketahuan cacatnya sesampainya di rumah untuk itu jika sobat hendak membeli hewan qurban maka berhati-hatilah jangan terburu-buru teliti lebih baik dari pada ketahuan cacatnya sudah sampai dirumah. Kebanyakan cacat yang sulit dikenali adalah matanya buta sebelah atau pincang dan lainnya.

3. Tidak Boleh Sakit

Kadang kita yang tidak sering melihat hewan pasti sulit membedakan mana hewan yang sehat dan yang sakit, biasanya hewan yang sakit gerakannya sangat lembat atau kurang lincah, nafsu makan hewan tersebut tidak ada, hidungnya basah seperti flu dan matanya mengeluarkan air di kelopak matanya selalu basah.

4. Pilih Langsung Kepeternak

Mungkin ini adalah cara yang paling sulit karena kita membeli dari kandang peternaknya tetapi jika kita bisa langsung membeli dari kandang kita akan mendapat kualitas hewan qurban yang baik dan masalah harga pasti akan lebih jauh murah dari pada beli di pasar hewan.

Itulah tips cara memilih hewan qurban yang baik, untuk sobat semua yang berencana beli hewan qurban bisa memakai tips yang sudah masmaksum tulis, jika sobat semua masih punya tips memilih hewan qurban yang lain bisa ditulis di kolom komentar.

Advertisement

Baca juga: